Semua yang perlu Anda ketahui tentang psoriasis

Semua yang perlu Anda ketahui tentang psoriasis

22 Mei 2018 Off By Budi

Psoriasis adalah kelainan, yang jika terungkap pada seseorang, Anda hanya dapat mencoba meringankan gejalanya, meminimalisir – dalam banyak kasus, itu akan sama sekali tidak terlihat. Dalam masyarakat, sayangnya, ada kepercayaan yang salah bahwa ini adalah penyakit menular. Tapi Anda harus percaya klaim ini – Anda tidak bisa tertular penyakit ini. Mengenai penyebabnya, sampai hari ini tidak dapat dikenali atau dikonfirmasi dengan baik.

Dari mana asalnya psoriasis? Apa penyebabnya?

Saat ini ada banyak teori yang mengklaim apa yang menjadi penyebab kondisi ini, tetapi sampai saat ini tidak ada satupun yang dikonfirmasi melalui metode ilmiah atau penelitian klinis. Salah satu teori menyatakan bahwa itu adalah penyakit autoimunologis – suatu kondisi di mana tubuh untuk alasan yang tidak jelas dan tidak dikenal mulai menyerang jaringannya sendiri. Teori yang sama-sama populer menyatakan bahwa psoriasis adalah kondisi keluarga, terbawa dari orangtua ke anak.

Apa saja gejala psoriasis?

Kondisi ini muncul paling umum antara usia 10 dan 40 tahun. Tapi tidak berarti bahwa kelainan ini tidak dapat muncul pada orang yang lebih muda atau lebih tua. Gejala pertama dari penyakit ini adalah gumpalan merah-coklat dari berbagai bentuk, yang menonjol secara signifikan dengan latar belakang kulit yang sehat, dan paling sering terletak di lutut, siku, atau di daerah sakral, di bokong, tangan atau kaki. Permukaan tempat munculnya perubahan akan ditutupi oleh sisik perak yang menumpuk. Ini disebabkan oleh pecahnya keratosis. Sayangnya, perubahan akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi, psoriasis juga akan muncul di kuku, dalam bentuk lekukan kecil, sulit terlihat pada lapisan. Kuku yang terkena kondisi ini akan menjadi rapuh, menguning, dan bertingkat.

Apa terapi pengobatan untuk psoriasis?

Perawatan eksternal sebagian besar digunakan dalam mengobati kondisi ini. Obat oral hanya digunakan ketika perawatan eksternal tidak membawa hasil yang diharapkan. Pada awal perawatan Anda harus menyingkirkan sisik sivlerish secara farmakologis, demikian juga dengan penggunaan obat-obatan. Untuk itu digunakan preparat keratolitik dengan asam salisilat dalam komposisinya. Kulit yang belum bersih diobati dengan salep seperti turunan sitotolin dan vitamin D. Ada beberapa kasus yang membutuhkan penekan imun untuk digunakan bersama sistem kekebalan tubuh. Sangat sering, sebagai bentuk terapi, fototerapi juga dilakukan- iradiasi kulit, digunakan – agar efektif, dibutuhkan sekitar dua puluh perawatan, yang berlangsung pada frekuensi 2-3 kali seminggu.

Ini adalah kondisi yang, meskipun tidak menular, dapat muncul pada semua orang, pada usia berapa pun. Jika Anda melihat gejala pertama, Anda tidak boleh mengabaikannya, karena deteksi cepat penyakit dan penerapan pengobatan yang tepat dapat berarti gejalanya tidak akan terlihat.