Rambut rontok pada wanita

Rambut rontok pada wanita

11 Oktober 2017 Off By Budi

Rambut rontok adalah masalah yang tidak hanya mengganggu pria, tetapi juga wanita. Setiap hari kita kehilangan sekitar 100 rambut, yang tentu saja normal, tetapi ketika Anda mulai kehilangan rambut sebanyak segenggam tangan, saatnya untuk duduk dan memikirkan penyebabnya, dan cara untuk bisa menghentikan proses yang tak terelakkan ini. Alasan apa yang dapat menyebabkan rambut rontok dan bagaimana seharusnya mengobati kebotakan bagi wanita?

Siklus pertumbuhan rambut

Folikel rambut setiap wanita dapat mengalami perubahan siklus dan berulang, dan pertumbuhan ikatan dapat dibagi menjadi 4 fase berulang, dalam urutan: anagen (fase pertumbuhan), katagen (fase transisi), telogen (fase istirahat) dan exogen (fase rilis penampang). Dalam hal kehilangan 100 rambut sehari, Anda tidak perlu khawatir sama sekali, karena itu adalah proses yang sepenuhnya alami terkait dengan fase yang disebutkan di atas. Tetapi jika rambut Anda mulai rontok lebih cepat, Anda harus melakukan perawatan yang tepat, dan mencari tahu apa yang bisa menjadi penyebab dari hilangnya ikatan yang berlebihan.

Penyebab kerontokan rambut yang berlebihan pada wanita

Rambut dapat mulai rontok karena berbagai alasan, tetapi yang paling umum adalah: stres yang kuat, penyakit menular, depresi, menjalani operasi, minum obat-obatan tertentu, dan upaya penurunan berat badan yang membatasi konsumsi zat besi dan kelompok vitamin B dalam makanan sehari-hari Anda. Banyak wanita yang mungkin juga berjuang dengan apa yang disebut alopecia areata, yaitu ketika rambut rontok dari satu area tertentu, misalnya bagian belakang kepala atau bagian atas kepala. Sampai saat ini diperkirakan bahwa kebotakan tersebut memiliki dasar neurotik atau genetik, tetapi banyak prosedur penelitian membuktikan bahwa banyak kebotakan yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Dalam kasus wanita, kerontokan rambut yang berlebihan juga dapat disebabkan oleh hormon, terutama selama menopause, ketika berhadapan dengan hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif, atau selama kehamilan. Merokok, pewarnaan rambut, dan adanya zat beracun dalam tubuh juga memiliki pengaruh buruk pada keadaan rambut Anda.

Mengobati kebotakan

Untuk menghentikan proses rambut rontok, Anda harus terlebih dahulu menghilangkan penyebab yang disebutkan di atas, yang tentunya akan menyebabkan kondisi rambut Anda membaik secara signifikan. Memerangi kerontokan rambut yang berlebihan harus bersifat dua arah – baik internal maupun eksternal. Anda harus berhati-hati untuk melakukan diet yang tepat, kaya akan biotin, vitamin kelompok B, dan zat besi. Anda harus memasukkan ragi, lemak ikan, serta teh jelatang dan ekor kuda ke dalam menu sehari-hari Anda. Ketika berbicara tentang perawatan kebotakan eksternal pada wanita, Anda harus mencari pil, sampo, kondisioner, dan masker khusus yang dapat membantu rambut. Anda dapat membelinya di apotek atau toko obat. Jika Anda masih tidak melihat hasil apa pun setelah mengikuti saran ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit yang akan memperkenalkan perawatan yang tepat setelah mengenali penyebabnya, dalam bentuk krim khusus yang memerlukan resep dokter.