Onikomikosis

Onikomikosis

12 Januari 2018 Off By Budi

Infeksi jamur adalah masalah umum, yang sering menyerang kaki. Sayangnya, sangat sering diabaikan atau disembunyikan, karena terjadi pada kaki yang mana tidak sering terekspos – dan yang jelas bukan sebuah solusi. Sayangnya, pendekatan itu sangat tidak tepat dan tidak bertanggung jawab, bukan hanya karena kesehatan dan estetika Anda sendiri, tetapi juga karena infeksi ini menular.

Bagaimana cara mengenali kaki tinea? Apa gejalanya?

Kondisi ini sangat populer ketika berbicara tentang kondisi kuku, dan gejalanya cukup mencolok sehingga hampir tidak mungkin untuk mengabaikannya. Lempeng kuku yang sakit akan mengubah warna dan bentuknya, dan menjadi rapuh dan mudah pecah. Perubahan dimulai dari tepi kuku, mengubah warnanya menjadi coklat kekuningan, tetapi kondisi yang tidak dirawat akan menutupi sebagian besar lempeng kuku, serta terbawa ke jari-jari kaki lainnya. Seiring waktu, seluruh kuku bisa menjadi rapuh dan mudah pecah, serta terasa lebih tebal – sampai pada saat memotongnya menjadi sebuah pekerjaan yang sulit.

Apa penyebab onikomikosis?

Tinea dapat dikurangi, itu benar. Itu sebabnya Anda harus berhati-hati saat ingin bertelanjang kaki di tempat-tempat umum, terutama di lingkungan basah yang merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi jamur: shower, bak mandi, kolam renang, sauna. Anda harus berhati-hati, karena seseorang dengan system kekebalan yang rendah yang menderita penyakit sistemik lainnya seperti diabetes, penyakit autoimun, atau gangguan hormon, serta faktor-faktor lain yang menyebabkan kekebalan menjadi lemah dapat dengan mudah memperoleh penyakit seperti itu dari infeksi. Selain itu, infeksi tentu saja dapat disebabkan oleh pemakaian sepatu yang sama dengan seseorang yang sudah terinfeksi. Anda harus berhati-hati dan menerapkan kebersihan yang tepat untuk menghindari kondisi ini.

Bagaimana cara mengobati onikomikosis?

Tentu saja, masalah ini tidak dapat diabaikan, karena ketika ada lebih banyak kuku yang terinfeksi atau ketika lempeng kuku terinfeksi seluruhnya, menyingkirkan masalah ini bisa menjadi jauh lebih sulit. Perawatan untuk onikomikosis membutuhkan kedisiplinan pasien. Ketika seorang dokter memeriksa kuku yang sakit, mereka biasanya dapat mendiagnosis tinea. Metode pengobatan tergantung pada perkembangan penyakit. Ketika perubahan tidak terlalu besar, biasanya digunakan tambalan khusus, cairan, atau pernis dengan aktivitas fungisida saja sudah cukup untuk mengobatinya. Tetapi ketika perubahan melibatkan sebagian besar lempeng jari, kemungkinan akan menggunakan produk fungisida yang diminum secara oral. Berapa lama obat-obatan itu dikonsumsi tergantung pada seberapa akut penyakitnya.

Tinea, terutama tinea kaki, adalah penyakit yang sering terlihat dan sayangnya sangat mudah menginfeksi. Tentu saja, Anda harus berhati-hati untuk selalu mengikuti aturan kebersihan dan tindakan pencegahan, tetapi jika Anda sudah terinfeksi, Anda perlu menghubungi dokter dan memulai perawatan sesuai dengan rekomendasi mereka.