Latihan untuk varises

Latihan untuk varises

25 Juni 2018 Off By Budi

Varises adalah salah satu kondisi paling serius yang diderita oleh orang-orang di usia lebih dari 40 tahun. Sayangnya, kemungkinan varises untuk berkembang adalah faktor genetik, meskipun pencegahan dan gaya hidup yang tepat mungkin tidak akan membuat varises muncul. Bagaimana cara mencegah varises ketika sudah berkembang – bagaimana cara menghilangkannya – berikut adalah fakta paling penting tentang kondisi ini.

Perkembangan varises

Varises pada kaki Anda tidak hanya berkembang karena gen, tetapi juga gaya hidup tidak aktif, yang mengarah ke permasalahan pada katup darah. Mereka tidak memompa darah dengan baik melalui pembuluh darah, yang menyebabkan hipertensi. Darah tersebut menyebabkan semakin banyak tekanan pada dinding vena di kaki Anda, yang akan menyebabkannya menjadi melebar. Mereka tidak kembali ke bentuk sebelumnya dan terlihat jelas melalui kulit yang tipis dan menyebar sebagai garis-garis biru dan bengkok.

Jenis varises

Jenis yang dijelaskan di atas adalah apa yang disebut varises primer yang berkembang dekat dengan katup-katup darah yang berfungsi dalam pembuluh darah akibat dari adanya stagnasi. Mereka dapat disebabkan oleh kehamilan, sembelit, angkat besi atau pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk berdiri diam selama berjam-jam.

Varises sekunder terbentuk karena tersumbatnya vena dalam, yang menyebabkan peningkatan aliran darah di permukaan vena. Mereka berkembang sebagai efek lanjutan dari trombosis, kerusakan pada katup darah baik di dalam maupun pada lubang.

Gejala awal dari kondisi varises

Kita sering mengabaikan gejala pertama varises, sementara itu pada periode pra-varises, yang ditandai dengan perasaan lelah dan kaki yang terasa berat, dengan pembengkakan di sekitar pergelangan kaki, Anda dapat mencegahnya dengan mengubah kebiasaan Anda. Jaring laba-laba nadi akan muncul di kaki Anda, dan rasa sakit yang hebat di kaki Anda yang dijelaskan dokter sebagai trombosis vena. Cekungan di atas pergelangan kaki Anda mengeras, dan luka yang tidak sembuh mungkin akan muncul di bawah paha Anda.

Pencegahan varises

Jika profesi Anda melibatkan banyak duduk atau berdiri diam, dan Anda tahu ada riwayat varises di keluarga Anda, adalah penting untuk memiliki gaya hidup yang tepat yang dapat mencegah perkembangan semacam itu.

  • sering mengubah posisi Anda selama bekerja;
  • mengurangi berat badan;
  • menghindari memakai kaus kaki ketat, sepatu sempit, atau stocking dengan puller yang ketat;
  • berjalan-jalan dengan sepatu yang nyaman, hindari sepatu hak tinggi;
  • diet yang kaya serat dan vitamin C;
  • membatasi atau sepenuhnya menghindari merokok dan minum alkohol.

Mengobati varises

Tergantung pada diagnosis dan jenis varises yang Anda alami, metode pengobatannya mungkin bersifat perilaku, melalui banyak istirahat dengan kaki diangkat dan mengenakan pita kaki ketat khusus, atau secara farmakologis, dengan menerapkan obat yang tepat yang menyegel pembuluh darah .

Beberapa metode operasi untuk menghilangkan varises, diantaranya adalah:

  • stripping – Metode Babcock yang didasarkan pada pengangkatan kedua batang pembuluh darah dan cabang-cabang di sekitarnya – sisi negatifnya adalah bekas luka yang tersisa setelah beberapa sayatan;
  • minifleboctomy – Metode Miller dan Varady – mengeluarkan belalai vena dalam bagian-bagian kecil;
  • kriostripping – Metode La Piverte dengan memasukkan probe yang didinginkan dengan oksida nitrat ke dalam vena, yang menyebabkan vena menempel pada probe, kemudian menarik vena bagian luar sepotong demi sepotong;
  • skleroterapi – metode non-bedah untuk mengobati varises, yang didasarkan pada penyuntikan obat yang menyebabkan penyegelan vena ke dalamnya.