Bunion – penyebab, gejala, perawatan

Bunion – penyebab, gejala, perawatan

18 Februari 2018 Off By Budi

Bunion adalah jari kaki yang bengkok yang tidak hanya terlihat tidak enak dipandang, tetapi juga menyebabkan rasa sakit, masalah dalam pergerakan, serta masalah dalam memilih sepatu. Bunion cenderung terbentuk dari genetika, atau akibat dari faktor lingkungan, seperti memilih sepatu yang tidak tepat.

Bagaimana bunion terbentuk?

Jari kaki yang bengkok dapat terbentuk melalui deformasi mekanis jari kaki, yang disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak tepat dan tidak pas. Sepatu hak tinggi yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan pada jari kaki, serta perkembangan telapak datar yang melintang, yang menjadi ciri khas saat mengenakan sepatu hak yang terlalu tinggi, atau sepatu yang dilengkapi dengan sol dalam yang berkontur buruk. Obesitas juga bisa menjadi penyebab penyebaran tulang metatarsal dan gangguan penyangga kaki di tiga titik. Dalam kasus seperti itu, berat badan tidak hanya bertumpu pada satu-satunya bagian tulang metatarsal di kedua sisi, dan pada tumit, tetapi pada kaki depan – dalam hal sepatu hak tinggi terlalu ketat atau seluruh kaki – paling sering dalam kasus sepatu datar yang tidak pas. Kedua kasus tersebut pertama-tama mengarah pada telapak datar yang melintang, dan kemudian ke deformasi lebih lanjut yang disebabkan oleh beban pada jari kaki, yang diartikan sebagai bunion. Anda juga dapat memiliki kecenderungan untuk membentuk bunion yang disebabkan oleh gen Anda. Bunion sering terbentuk bagi orang-orang yang memiliki apa yang disebut dengan kaki Mesir, sehingga jempol kaki mereka lebih panjang.

Bagaimana cara merawat bunion?

Ada banyak cara untuk merawat bunion. Terutama, ketika gejala pertama muncul, Anda harus sudah melakukan pengobatan, sehingga kondisinya tidak memburuk. Saat itulah operasi akan menjadi satu-satunya pilihan. Anda dapat menggunakan gel khusus. Gel ini diperkaya dengan minyak dan melindungi tempat yang menyakitkan. Ketika jari-jari terdistorsi, wedges dan pemisah dapat digunakan untuk mengembalikan posisi yang benar, sehingga mengurangi rasa sakit. Solusi ini digunakan pada orang yang memiliki bunion serta jari yang tumpang tindih. Di sisi lain, memasukkan dalam bentuk drop atau dalam bentuk T, atau pelott, akan memungkinkan untuk mengurangi tekanan pada kaki depan, yang ampuh terutama bagi wanita yang mengenakan stiletto. Sisipan metatarsal silikon memungkinkan Anda mengangkat kaki dengan telapak datar melintang ke atas dan pada saat yang sama memperbaiki posisi hallux valgus. Pada waktunya, penggunaan karet gelang juga memungkinkan Anda mengembalikan tekanan pada tiga titik kaki, serta memperkuat otot dan mencegah distorsi tulang metatarsal. Alat-alat penyesuaian yang dapat dipakai siang dan malam sering mendapat pujian ketika merawat hallux – peralatan tersebut menghilangkan rasa sakit dan mencegah kondisinya menjadi memburuk, dan belat. Hallu Forte yang digunakan dalam kasus-kasus bursitis, serta rehabilitasi setelah pengangkatan deformitas jari Pembedahan adalah solusi terakhir saat bertarung melawan bunion. Ada beberapa jenis prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan kondisi menyakitkan ini. Yang pertama adalah mengoreksi jaringan lunak, yang dilakukan ketika hanya ada sedikit deformasi. Metode selanjutnya adalah osteotomi Chevron – dilakukan dalam kasus hallux valgus, serta irisan atau setengah lingkaran – yang melibatkan eksisi irisan. Metode Scarf, di sisi lain, memungkinkan perawatan bebas gips pasca operasi. Untuk 6 minggu pertama Anda harus menggunakan sepatu korektif khusus.

Tentu saja, menyingkirkan masalah tidak berarti masalah tersebut tidak dapat kembali lagi. Anda harus selalu mengenakan sepatu yang nyaman dan pas.